Aqidah Islam : Hal Yang Bisa Membawa ke Surga

Pada hakikatnya adalah merupakan masalah yang sangat prinsip dan mendasar, dan merupakan Akhlakul karimah , yang apabila direalisasikan di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maka kehidupan di dunia inipun akan menjadi sangat kondusif, rukun dan damai, sejuk dan tentram, untuk itu ada beberapa hal yang bisa membawa kita ke surga.

  1. Berkata Jujur

Berkata jujur memang merupakan anak kunci terwujudnya kehidupan yang kondusif dan terjamin dari adanya sikap kemunafikan antara sesama umat manusia. Dengan kejujuran maka akan terbentuklah komunitas saling mempercayai, tidak ada rasa saling curiga satu sama lain. Dengan kejujuran maka akan lahirlah segala bentuk kebajikan dalam kehidupan umat manusia.

Hal ini sebagaimana penegasan Rasulullah SAW dalam hadits : Dari Ibnu Mas’ud RA ia berkata: Bersabda Rasulullah SAW : Sesungguhnya jujur itu menunjukkan kepada kebaikan dan sesungguhnya seseorang yang berkata benar ( jujur ), maka ia akan dicatat disisi Allah sebagai orang yang selalu benar. Sesungguhnya bohong itu menunjukkan kepada kecurangan, dan sesungguhnya curang itu menunjukkan ( jalan ) ke neraka, dan sesungguhnya orang yang benar-benar berkata bohong, maka ia akan dicatat disisi Allah sebagai orang pendusta ( HR. Bukhari-Muslim).

  1. Menepati janji dan Menunaikan Amanat

Menepati janji dan menunaikan amanat juga merupakan pilar yang paling mendasar yang peerlu diperhatikan oleh umat manusia, agar dalam kehidupan mereka selalu diwarnai oleh sikap saling percaya, tidak saling culas-menculasi,tidak saling bermusuhan,akibat diantara mereka saling mengkhianati janji-janji yang dibuat dan mengkhianati amanat yang dipercayakan kepadanya.

Padahal Allah SWT telah berfirman dalam Q.S. Al Maidah : 1 tentang perlunya menepati janji. Ditegaskan dalam ayat tersebut sebagai berikut : “ Hai orang-orang yang beriman, tepatilah olehmu janji-janji itu” ( QS. Al Maidah : 1). Sedangkan tentang pentingnya menunaikan amanat, baik amanat kepada Allah maupun kepada manusia, dijelaskan dalam QS An Nisa : 58 : ‘ Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimnya dan menyuruh kamu menetapkan dengan adil, sesungguhnya Allah memberi kepadamu . Sesungguhnya Allah maha mendengar lagi maha melihat ( QS. An – Nisa : 58 ).

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *